Mengenal lebih dekat Smart Home System, Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

1206 0
Smart Home System, Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya unsplash

Tak banyak masyarakat mengenal smart home system, sebuah kecanggihan yang kini diterapkan di rumah huni. Sistem ini menambah kemudahan untuk penghuni dengan bantuan teknologi jaringan.

Artikel berikut ini akan membahas informasi tentang smart home system yang kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat.

Mengenal Smart Home System

Secara umum, smart home system adalah rumah yang memiliki sistem kecanggihan dan kepintaran yang didapat dari teknologi. Seperti pengertiannya, rumah ini benar-benar memanfaatkan teknologi secara maksimal yang kemudian mengakomodir kebutuhan pemiliknya.

Untuk saat ini smart home system yang diterapkan berupa pengaturan terpusat pada fitur-fitur yang ada di dalam rumah. Dengan adanya sistem ini pemilik rumah dapat melakukan berbagai penyesuaian dari jarak jauh. Misalnya, pemilik rumah dapat menghidupkan lampu dari jarak jauh, melakukan pemantauan CCTV dari jarak jauh hanya dengan bantuan ponsel, dan sebagainya. Kontrol ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet.

Dengan kata lain, berbagai komponen yang ada di dalam rumah bisa diatur lewat ponsel atau komputer dari jarak jauh selama masih terhubung internet.

Sistem rumah pintar ini sudah banyak dipakai di negara maju seperti Amerika Serikat atau Jepang. Para pemilik rumah terbantu dengan adanya sistem ini, terutama hal-hal yang berkaitan dengan keamanan. Sedangkan di Indonesia sistem ini belum banyak diketahui dan dilirik.

Cara Kerja Smart Home System

Cara kerja smart home system bisa dipahami secara sederhana. Perangkat smart home mampu mengintegrasikan berbagai fitur rumah dan dapat diakses di satu titik pusat melalui berbagai piranti yakni smartphone, tablet, laptop, hingga konsol game.

Fitur rumah yang dimaksud juga beragam seperti lampu, CCTV, alat pengamanan, hingga alat elektronik seperti kulkas atau televisi. Penginstalan sistem rumah pintar memungkinkan untuk pemilik mengatur jadwal tertentu pada peralatan elektronik yang ada di dalam rumah.

Smart home ditunjuang dengan satu transmitter atau pemancar yang jadi pusat kendali. Pemancar ini akan mengendalikan alat elektronik di rumah Anda.  Tiap alat elektronik akan dipasang chip khusus yang dapat menerima perintah jarak jauh dari transmitter yang dikendalikan lewat remot. Remot ini bisa dilakukan sinkronisasikan baik dengan posenl atau PC.

Kelebihan Smart Home System

Smart Home System sengaja diciptakan untuk memberikan kenyamanan untuk penghuninya. Beberapa kelebihan yang akan dirasakan adalah sebagai berikut.

  • Lebih praktis dalam mengendalikan rumah
  • Mendukung sistem keamanan tingkat tinggi
  • Hemat energi karena Anda bisa mengatur penggunaan alat elektronik dari jauh
  • Memudahkan pemilik mengurus rumah
  • Peralatan elektronik rumah tangga bisa bekerja secara efisien

Kekurangan Smart Home System

Meski memiliki berbagai kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui yakni sebagai berikut.

  • Belum begitu familiar di Indonesia
  • Membutuhkan sistem nirkabel, hingga jaringan listrik yang tak stabil
  • Relatif mahal karena banyak yang harus diinstal di dalam rumah
  • Membutuhkan maintenance yang cukup rumit, sedangkan di Indonesia belum banyak ahli yang mengerti tentang smart home system.