Jangan Bingung Lagi, Ini Perbedaan CPU dan GPU pada Smartphone?

1269 0
CPU dan GPU Smartphone : unsplash-joel-rohland

Pada saat melihat daftar spesifikasi pada sebuah handphone (HP), sebagian dari kalian mungkin pernah menjumpai istilah CPU dan GPU dalam bagian System on Chipset (SoC). SoC sendiri atau kerap disebut juga dengan chipset merupakan perangkat yang jadi semacam “otak” HP.

SoC memegang peranan penting dalam mengoperasikan ponsel. Semua perintah pengguna dibaca dan diterjemahkan menjadi tindakan tertentu di HP berkat SoC. Dalam menjalankan fungsi utama itu, SoC tersusun dari beberapa komponen, salah duanya adalah CPU dan GPU.

Kedua komponen ini memiliki kesamaan fungsi utama yaitu sebagai alat untuk melakukan operasi aritmatika atau penghitungan, pada sebuah program yang dijalankan oleh perintah pengguna.

Meskipun memiliki kesamaan, CPU dan GPU memiliki fungsi penghitungan di sektor program yang berbeda. Lalu, apa fungsi CPU pada HP atau apa itu GPU dalam HP?

CPU

Central Processing Unit atau biasa disingkat dengan nama CPU, merupakan komponen yang terdiri dari blok core (inti). CPU ini bisa dianggap sebagai otak dari mesin dan sebagai otak, CPU memiliki kemampuan untuk melakukan banyak tugas sekaligus. CPU juga bertanggung jawab dalam pembagian tugas dari masing-masing komponen yang ada di bawahnya.

CPU pada HP umumnya memiliki konfigurasi empat sampai delapan core. Dengan desain CPU multi-core semacam itu, memungkinakn beberapa aplikasi di HP dapat dijalankan secara bersamaan. Setiap core nya akan berjalan pada kecepatan yang umumnya berada di antara 2 hingga 3 Gigahertz (GHz).

Satuan Ghz sendiri mengacu pada frekuensi dalam 1 miliar rentang siklus per detik. Seperti contohnya, chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan CPU Octa-core berkecepatan 2,4 Ghz.

Yang dapat diartikan konfigurasi blok core pada CPU dalam chipset tersebut dapat menghasilkan 2,4 miliar instruksi per detik. Semakin tinggi kecepatan CPU maka semakin mampu pula untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu.

CPU juga memiliki peran untuk menjalankan data dan instruksi sementara atau cache yang tersimpan di RAM yang nantinya pengguna tak perlu waktu lama dalam menunggu saat hendak mengeksekusi aplikasi.

GPU

Dikutip dari Android Authority, Graphic Processing Unit atau biasa dikenal dengan singkatan GPU, merupakan komponen yang juga berfungsi untuk menjalankan instruksi di HP. Jika CPU dirancang untuk memproses banyak instruksi, GPU sendiri memiliki kekhususan instruksi sendiri.

Seperti namanya, fungsi GPU adalah memproses instruksi untuk menampilkan grafis pada sebuah layar HP. Bahasa sederhananya, GPU secara khusus memiliki berperan untuk menggambar.

Jika diibaratkan layar HP kalian seperti kanvas kosong, GPU akan beroperasi untuk menggambar kanvas tersebut agar muncul sebuah tampilan atau bentuk tertentu. Dalam bahasa teknisnya, GPU berperan untuk melakukan pemrosesan instruksi rendering grafis.

Proses pengerjaan instruksi dalam GPU berbeda dengan CPU. GPU didesain untuk memproses berbagai data dan instruksi serupa secara bersamaan dalam satu jalur. Sementara CPU, pemrosesannya berjalan terpisah secara bersamaan di tiap blok core.

Meskipun hanya memiliki satu fungsi khusus, nyatanya GPU memiliki sistem kerja yang jauh lebih kompleks.

Dari penjelasan di atas, CPU dan GPU memiliki perbedaan fungsi. CPU memproses berbagai instruksi umum, sementara GPU khusus untuk memproses grafis. Itulah perbedaan CPU dan GPU di HP, semoga bermanfaat.

Ikuti Artikel Topik Teknologi Kami terus, Jangan Ketinggalan.