Mengatasi Kerusakan Pada Hub dan Switch Jaringan Komputer

278 0
Mengatasi Kerusakan Pada Hub dan Switch Jaringan Komputer

Mengatasi kerusakan jaringan internet pada hub dan switch sebenarnya mudah, namun lebih dulu harus diketahui penyebab kerusakannya lebih dulu. Artikel ini akan mencoba memberikan gambaran cara memperbaiki hub dan switch yang rusak sehingga berdampak pada jaringan komputer.

Bagi Anda yang berkiprah di ilmu Jaringan Komputer tentu mengenal hub dan switch. Keduanya sama-sama penting di sebuah jaringan LAN (Local Area Network). Meski penting keduanya berisiko mengalami kerusakan. Untuk mengantisipasi kerusakan tersebut, mengetahui cara memperbaiki hub dan switch yang rusak akan cukup membantu.

Cara Mengatasi Kerusakan Jaringan Pada Hub dan Switch

Kerusakan hub dan switch adalah salah satu risiko yang mungkin terjadi pada jaringan LAN. Saat LAN mengalami kerusakan, administrator jaringan harus segera mencari tahu penyebab gangguan jaringan. Salah satu potensi penyebab gangguan LAN adalah kerusakan pada hub dan switch.

Hub dan switch yang bermasalah akan membuat seluruh komputer client jadi tidak bisa bekerja. Akses informasi yang berasal dari komputer server juga tak dapat dilakukan.

Kerusakan pada hub bisa dilihat dari lampu indikator power dan lampu indikator yang ada di tiap workstation. Jika indikator power hub atau switch tidak nyala alias mati, ada kemungkinan perangkat lunak tersebut rusak karena indikator jadi penanda apakah komputer workstation aktif atau mati karena ada gangguan.

Yang perlu dilakukan saat menjumpai hub dan switch mati adalah mengecek apakah kedua perangkat tersebut dalam kondisi rusak atau karena gangguan. Jika hub dan switch mengalami gangguan dalam artian masih bisa dilakukan pembenahan pada kedua perangkat maka Anda bisa membawanya ke tempat service.

Namun jika hub dan switch dalam kondisi rusak dan tidak bisa dilakukan pembetulan maka harus dilakukan penggantian dengan yang baru. Usahakan memilih hub dan switch dengan kualitas terbaik untuk meminimalisir kerusakan di kemudian hari. Berikut ini beberapa contoh gangguan atau kerusakan di bagian hub dan switch.

  • sharing data jadi tidak bisa dilakukan
  • tak mendeteksi komputer lain
  • Tidak muncul local area connection.
  • Icon LAN connection tidak berkedip warna biru.
  • Jaringan jadi lambat
  • Kerusakan jaringan karena serangan trojan virus
  • Lambat jaringan kerap terjadi saat proses authentication.

Masalah yang Sering Terjadi pada Switch

Di switch sendiri kerap terjadi masalah yang menyebabkan masalah di jaringan komputer. Berikut ini beberapa masalah yang bisa saja terjadi.

  • Port Switch Rusak

Kondisi ini disebabkan karena hubungaan pendek di kabel data, atau bisa karena konektor kabel yang tidak berkualitas.

  • Arus Bocor

Switch bisa hang karena lalu lintas data yang lewat sangat tinggi dan terjadi secara konstan. Akibatnya kebocoran arus bisa saja terjadi.

  • Fitur Switch Tak Berfungsi

Kegagalan fitur pada switch bisa terjadi bahkan tanpa diketahui penyebabnya.

Disarankan pula untuk mengetahui perbedaan hub dan switch agar proses identifikasi kerusakan bisa dilakukan secara mudah.

Itulah beberapa cara mengatasi kerusakan pada hub dan switch. Kunjungi frozenheads.net untuk mendapatkan informasi menarik lainnya