Profil Marsdya Tonny Harjono KSAU

235 0
Profil Marsdya Tonny Harjono KSAU

Profil Marsdya Tonny Harjono menarik untuk dibicarakan, Beliau aktif sebagai TNI, lahir pada 4 Oktober 1971. Terlebih baru saja Presiden Jokowi tunjuk Tonny Harjono sebagai KSAU untuk gantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan pelantikannya akan segera dilakukan.

Artikel ini akan membahas profil Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono, termasuk kekayaan dan prestasinya.

Profil Marsdya Tonny Harjono

Tonny Harjono adalah anggota aktif Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang lahir pada 4 Oktober 1971. Ia merupakan jebolan Akademi Angkatan Udara (AU) tahun 1993. Selama berkiprah di dunia militer Tanah Air, Tonny sempat memegang posisi penting.

Karier pertama Tonny adalah sebagai Korps Penerbangan (PNB) Skadron Udara (Skadud) 3 Landasan Udaran Iswahyudi. Setelah itu ia dipindah jadi Kasubsi Peta/Albanav Silat Dispos Skadud 3 Lanud Iswahyudi. Setelah itu ia menjadi Kasi Spes Diops Skadud 3 Lanud Iswahyudi.

Setelah beberapa lama di Lanud Iswahyudi, Tonny akhirnya pindah ke Landasan Udara Adi Sutjipto. Di tempat itu ia menjabat sebagai Pa Instruktur Pnb Wingdik Terbang Lanud Adi Sutjipto. Karier Tonny kian lama kian naik termasuk saat menjadi Danskadud 11 Lanud Sultan Hasanuddin dari 2009 sampai 2011. Tonny sendiri berhasil mendapat pangkat Letnan Kolonel (Letkol) di tahun 2012.

Tonny juga pernah menjadi Danlanud Timika hingga menjadi Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin, dan menjadi Dan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin. Loyalitas dan dedikasi Tonny Harjono berhasil mengantarkannya sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Kala itu Tonny melepas jabatan Dan Wing 5 Sultan Hasanuddin pada bulan Oktober 2014 agar bisa menjadi ajudan Presiden Jokowi periode 2014 hingga 2016.

Setelah tidak lagi menjadi ajudan Presiden Jokowi, Tonny kemudian menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) tahun 2022.

Prestasi Marsdya Tonny Harjono

Tonny Harjono tercatat pernah mendapatkan penghargaan selama meniti karier di militer Tanah Air seperti Satyalancana Wira Siaga dan Satyalancana Wira Nusa.

Satyalancana Wira Siaga adalah tanda kehormatan untuk prajurit TNI yang sudah bertugas sekaligus mengabdi dalam pengamanan Presiden dan Wakil Presiden Republilk Indonesia.

Sedangkan Satyalancana Wira Nusa adalah tanda kehormatan untuk prajurit TNI yang telah mengabdiikan diri demi mengamankan pulau terluar NKRI.

Kekayaan Marsdya Tonny Harjono

Marsdya Tonny Harjono diketahui sempat melaporkan hartanya ke dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada tahun 2022. Dalam LHKPN kekayaannya tercatat sebesar Rp11.290.032.382.

Kekayaan Tonny terdiri dari tanah dan bangunan yang tersebar di Bekasi. Selain itu ia tercatat memiliki beberapa kendaraan mewah seperti Toyota Land Cruiser (1983), Land Rover MB (2008), Mobil Mercedes Benz 300SEL/sedan (1991), BMW 520I/sedan (1994), BMW sedan (2001), Mercedes Benz 300G (1991), BMW 520I E60 (2005), dan Mobil Jeep Wrangler Rubicon (2020).

Tonny juga tercatat memiliki harta berupa Kas dan setara kas dengan nilai Rp845.032.382.

Selain terkait profil Marsdya Tonny Harjono, kunjungi Frozenheads.net untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.